Rabu, 22 Desember 2010

Welcome 2 Campus

Perubahan adalah suatu hal yang lumrah dalam hidup ini kawan. Perubahan itu lah yang membuat hidup ini berwarna dan bermakna. Klo ga berubah ya dunia kayak itu-itu aja. Ya malam kayak gitu-gitu aja, bahkan klo gak ada perubahan ya bumi kayak gitu-gitu aja. Mau satu zaman sama dinosaurus ? Termasuk loe sekarang, klo gak berubah dari siswa ke mahasiswa ya bakalan kayak gitu-gitu aja. Dulu waktu SMA tiap senin mesti apel pagi, tiap jumat mesti senam plus mesti pake seragam lagi kalo mau belajar. Bentar lagi bakalan berubah, gak ada lagi tuh namanya seragam, gak harus lagi tiap senin upacara bendera dan gak mesti lagi duduk manis tangan dilipat. Sekarang loe dah berada di dunia kampus, dunia yang penuh kemandirian dan syarat akan kekritisan ilmiah.
Selamat !!!
Sekarang loe jadi mahasiswa kawan. Loe dah menyandang predikat maha, yang sangat identik dengan kematangan dan kekritisan dalam berpikir. Sudah saatnya meninggalkan sikap manja, malas dan kekanak-kanakan di bangku sekolah. Loe sekarang sudah berada di atmosfer kemandirian. Mesti sekokoh batu karang dalam menyelesaikan ombak-ombak kehidupan yang kadang besar dan kadang pula kecil. Sudah waktunya nyiapin makan sendiri lah, nyuci baju sendiri lah dan mesti bayar ledeng-listrik sendiri.
Dunia mahasiswa merupakan dunia persimpangan coz di sini loe mesti memilih sendiri mau jadi apa. Jadi mahasiswa berprestasi, itu pilihan loe dan gak ada yang bisa maksa. Jadi mahasiswa sibuk pacaran itu juga pilihan loe, yang tentunya pilihan ini adalah pilihan yang kurang bijak coz ingat-ingat amanah dari ortu buat belajar bukannya enak-enakan pacaran ( itu pun klo pacaran enak coz setahu gue pacaran itu malah bikin pusing.hehe). tapi tetap, itu semua pilihan loe dan loe sendiri yang bakalan menerima akibat dari pilihan tersebut. Dunia mahasiswa itu dunia kemandirian, so pilih sendiri jalan hidup loe.
Sebelum loe berubah 100% jadi mahasiswa. Siapkan perubahan itu dengan sebaik-baiknya. Jangan berubah setengah-setengah, mesti yakin dengan setiap pilihan yang loe ambil. Ingat, sekarang loe ada di fakultas dan jurusan mana itu merupakan pilihan bulat dari loe dan loe mesti yakin dengan seyakin-yakinnya ini adalah pilihan yang terbaik saat ini. Setelah loe yakin, ada beberapa hal yang menurut gue ( ce ile, subjektif banget) mesti disiapin agar kuliah loe lancar dan peran loe sebagai manusia benar-benar berasa. Yakni:
- Siapin mental
Biasanya nich, mahasiswa baru itu homesick nya minta ampun. So dikit-dikit nelpon ortu lah, dikit-dikit pulkam lah de el el. Tapi terserah aja sih, klo emang punya biaya unlimitid silakan pulkam sabanhari.hehehe. namun jujur, sebaiknya loe mesti mengatasi rasa tersebut. Caranya gampang, loe mesti nyiapin mental loe untuk hidup sendiri dan beraktivitas lah. Mental itu loe siapin dengan rajin-rajin meyakinkan diri loe klo loe itu siap untuk hidup sendiri. Bilang aja “ aku bisa, aku bisa,aku bisa...” insyaALLAH dimudahkan-NYA. Bisa juga dengan beraktivitas agar homesick loe teralihkan fokusnya. Aktivitasnya bisa dengan jalan-jalan di lingkungan kos/kontrakan. Jalan-jalan tadi selain bermanfaat untuk memfokuskan pikiran loe, itu juga bermanfaat agar loe paham koordinat kos/kontrakan dan akhirnya loe bisa memilih mana jalan yang paling cepat nyampe kampus. Sekalian juga bisa silaturrahim dengan tetangga-tetangga. Satu pelajaran lagi, sesibuk apa pun loe sebagai mahasiswa namun loe juga mesti memperhatikan loe juga sebagai bagian dari masyarakat lingkungan tersebut. Jangan lupa check-in sama RT setempat.hehehe
- Nyari info
Di zaman kayak gini, informasi itu suangat penting. Bahkan zaman sekarang disebut sebagai zaman informasi. Informasi itu bisa dijadikan peta loe dalam menapaki jalur kehidupan di kampus. Informasi itu yang menunjukan arahmu. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang fakultas dan spesifik jurusan loe. Dari info-info karakter dosen semester awal, di mana perpus, ruangan-ruangan kuliah, harga-harga di kantin klo perlu.hehe, mading yang biasa up-date, lokasi toilet biar enak pas emergency, lokasi parkir gratis, hotspot 24 jam dan lain-lain. Pokoknya gali terus informasi.
- Kosan strategis
Nah, nyari kos-kosan ato kontrakan jangan asal-asalan kawan. Tempat loe berada menentukan nasib dan prestasi loe. Jangan sampe deh loe ngekos di sarang maksiat, kayak lingkungan penjudi, pergaulan bebas dll. Itu semua bisa mengganggu konsentrasimu dalam belajar, minimal lingkungan kayak gitu nyebabkan loe bisa kena cipratan dosa. Usahakan ngekos dekat dengan sama kaka tingkat satu jurusan biar bisa silaturrahim plus minjam bukunya.hehehe. klo perlu, deketin kos-kos kaka tingkat yang berprestasi ya minmal bisa terjangkit prestasinya. Yang penting lagi, semaksimal mungkin nyari kos-kosan yang dekat mesjid/mushalla. Itu penting banget untuk menjaga loe dari hal-hal yang mengarah pada maksiat. Coz maksiat itu nyebabkan malas, malas itu yang ngejadikan kita ogah-ogahan belajar, klo ogah-ogahan belajar ya kita susah nyerap ilmunya, malu dunk klo pulkam nanti.
- Supel ya
Jadi mahasiswa mesti supel, itu kuncinya biar dapat makan gratis. Eits salah, maksud gue biar punya banyak kawan. Jangan malu-malu untuk mengulurkan tangan pertama kali saat bertemu. Kenalin diri loe terlebih dahulu. Semakin banyak kawan, nantinya loe bakalan merasakan manfaatnya. It’s the power of silaturrahim. Siapa pun dia, anak siapa pun dia, loe mesti santai za ngenalin diri. Tak kenal maka tak sayang. Namun, jangan jabatan tangan ma beda jenis ya. Dosa bro.
- Cerdas berburu buku
Bagi mahasiswa buku itu aset, buku itu adalah dosen yang tanpa kenal waktu dan tempat terus ngajar. Buku ini perannya sangat penting dalam menunjang perkuliahan loe. Tapi tetap, gak semua buku mesti dibeli dan kadang ada beberapa buku sifatnya yang wajib. So loe mesti menggali info sedalam-dalamnya sama kaka tingkat tentang buku apa saja yang wajib dimiliki dan buku apa saja yang sifatnya sunnah dimiliki. Termasuk dalam hal pencarian buku, loe juga mesti nyari info buku-buku apa saja yang mungkin minjam di perpustakaan dan minjam ma kaka tingkat. Cerdas-cerdas loe aja.
- Selektif berorganisasi
Dunia mahasiswa sangat identik dengan yang namanya organisasi. Bahkan mahasiswa yang gak tau organisasi udah di cap sebagai mahasiswa kupu-kupu. Mahasiswa meyakini dengan berorganisasi maka softskill nya akan semakin terasah, kayak kemampuan manajerial, public speaking dll deh. Dengan organisasi pula mahasiswa itu semakin didewasakan cara berpikirnya. Jujur, memang sangat berbeda pola pikir dan kedewasaan antara mahasiswa yang aktif di organisasi dengan yang engga. Namun jangan asal aktif, lalu semua organisasi dimasukin. Loe bisa jadi gado-gado. Gak fokus pada salah satu dan akhirnya terlalu sibuk lalu ujung-ujungnya kuliah terbengkalain. So loe mesti fokus, pilih organisasi yang menyalurkan potensimu. Organisasi yang sistemnya matang, AD/ART jelas, visi-misi mantap dan tentunya pilih organisasi yang juga bisa mengantarmu ke syurga-NYA. So, jadi lah mahasiswa yang luar biasa. Jangan terjebak pada segitiga K. Apa kah itu segitiga K ? yakni kampus-kantin-kos. Gak keren banget klo sampai terjebak dalam segitiga tersebut.
Selamat !
Maksimalkan momentum loe saat jadi mahasiswa ini. Persiapkan semuanya dengan matang. Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal dan bersimbah keringat saat latihan lebih baik daripada bersimbah darah saat perang.
Hidup mahasiswa !
Sekarang loe mahasiswa, so mesti mandiri. Semua pilihan ada di tangan loe. Terserah loe mau milih apa coz loe juga yang merasakan. Hidup adalah pilihan.

Tidak ada komentar: